nusakini.com - Internasional - Militer Kanada sedang bersiap untuk membantu evakuasi warga di provinsi British Columbia di mana ratusan kebakaran hutan terjadi akibat gelombang panas dan sambaran petir.

Pelayanan darurat menyatakan mereka sedang berusaha meredamkan 170 kebakaran yang disebabkan oleh sambaran petir. Banyak daerah di bagian barat yang mengalami kekeringan akibat cuaca yang sangat panas.

Dua orang dilaporkan tewas di desa Lytton yang rusak karena terbakar api. Lytton memegang rekor suhu terpanasi di Kanada dengan mencapai suhu 49,6 derajat celcius pada hari Selama (29/6).

Pengumuman ini muncul setelah Perdana Menteri Justin Trudeau mengadakan rapat darurat dengan menteri-menteri serta pemerintah lokal dan ketua komunitas penduduk asli di daerah yang kebakaran. Ia menyatakan pemerintah Kanada siap membantu.

Amerika Utara sedang menghadapi hawa panas dalam beberapa minggu terakhir. Gelombang panas ini juga mengenai Alberta, Saskatchewan, Manitoba, dan daerah barat laut Ontario.

Para ahli menyatakan perubahan iklim diduga akan mengakibatkan cuaca ekstrim seperti gelombang panas.

Di British Columbia, perintah evakuasi dan peringatan sudah diberitahu ke kota Kamloops yang berjarak 350 km dari Vancouver, dimana kota ini juga sedang mengalami kebakaran hebat.